Copyright 2020 - Biro Teknologi Informasi dan Komunikasi (BTIK)

Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMP gelar Sekolah Pasar Modal Syariah

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) bekerja sama dengan Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Purwokerto, Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) Yogyakarta, dan PT Phintraco Sekuritas menggelar Sekolah Pasar Modal Syariah.

Kegiatan yang diikuti oleh 700 peserta itu digelar di Aula A.K. Anshori, Gedung Rektorat UMP Lantai 3, Desa Dukuhwaluh, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu.

Kegiatan tersebut merupakan pelaksanaan tahap kedua dengan fokus pembahasan materi berups edukasi tentang investasi dan pasar modal syariah yang disampaikan oleh dua pemateri yang ahli dalam bidangnya masing-masing, yakni dari Agnes dari Kantor Perwakilan BEI Yogyakarta dan Kusuma Kampitasari dari PT Phintraco Sekuritas. Sekolah Pasar Modal Syariah tahap pertama telah dilaksanakan pada tanggal 21 September 2019.

Dalam kesempatan tersebut, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMP Akhmad Darmawan, S.E., M.Si. mengatakan pada era saat sekarang, generasi muda harus mulai belajar memahami sistem investasi dengan cara menabung saham.

"Banyaknya perusahaan-perusahaan nasional Indonesia saat ini yang investornya adalah investor asing, berdampak pada ketergantungan dan keseimbangan ekonomi nasional pada investor asing tersebut," katanya.

Menurut dia, para peserta juga perlu mengubah pola pikir dalam mengelola keuangan, yakni dengan berinvestasi melalui pasar saham untuk kesejahteraan masa depan.

Sementara itu, Kepala Galeri Investasi Syariah BEI FEB UMP Dr. Naelati Tubastuvi, S.E., M.Si. mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi terkait dengan investasi pasar modal khususnya pasar modal syariah, mekanisme menjadi investor, dan bagaimana memilih saham untuk investasi.

Selain itu, kata dia, meningkatkan kesadaran bahwa investasi saham syariah mudah dan terjangkau serta memberikan informasi tentang lembaga-lembaga di pasar modal yang memberi fasilitas dan perlindungan kepada investor syariah.

 

"Tertarik investasi saham syariah? Silakan datang ke Galeri Investasi Syariah BEI di kampus FEB UMP, cukup dengan Rp100 ribu sudah bisa menjadi investor saham syariah," katanya. (Agp/Tgr)

 

UMP Bersama Bea Cukai Purwokerto Gempur Rokok Ilegal

Guna mewujudkan komitmen untuk menekan peredaran rokok ilegal menuju target tiga persen di tahun 2019. Bea Cukai Purwokerto bersama Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mengadakan Edukasi dalam acara Customs Goes to Campus bertajuk Gempur Rokok Ilegal di Gedung Teknik Lt 5 UMP.

“Alhamdulillah, Mahasiswa Ekonomi diberi kesempatan untuk mengenal Bea Cukai, semoga dengan acara kali ini mahasiswa akan lebih paham dan mungkin juga membuka peluang untuk mahasiwa berkarir disana,” ujar Wakil Dekan 1 FEB UMP Wida Purwidianti SE MSc.

Wida mengatakan, tujuan dari acara tersebut untuk memperkenalkan Bea Cukai sebagai bagian yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat untuk memberikan edukasi mengenai bea dan cukai yang selama ini hanya diperkenalkan sewaktu mengikuti perkuliahan,

Sementara itu, Subdis Penindakan di Bea Cukai Purwokerto Misbah mengungkapkan acara ini rutin setiap tahun diadakan, dengan target yang berbeda.

“Pada tahun ini Bea Cukai Purwokerto melakukan edukasi ke beberapa universitas seperti UMP, dan lainnya. Tujuanya agar mahasiswa tahu bagaimana mekanisme kerja dan cakupan wilayah Bea Cukai Purwokerto serta hubungan emosional antara Bea Cukai Purwokerto dengan masyarakat,” jelasnya.

 

Misbah berharap kedepan mahasiswa yang saat ini di edukasi dapat memahami praktik bea cukai di Indonesia.(ian/tgr)

 

FEB UMP Kembali Jalin Kerjasama dengan 4 Perguruan Tinggi di Negeri Jiran

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) dan beberapa delegasi dari tujuh perguruan tinggi Muhammadiyah se-Indonesia, yang tergabung di dalam Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Perguruan Tinggi Muhammadiyah melakukan kunjungan terkait inisiasi kerjasama internasional dengan empat perguruan tinggi di Malaysia. Kunjungan tersebut dilakukan ke Universiti Sains Islam Malaysia (USIM), Universiti Putra Malaysia (UPM), UTeM (Universiti Teknikal Malaysia) dan Univeristi Teknologi Mara (UITM)

Kunjungan hari pertama dilakukan ke USIM. Kerjasama dengan USIM lebih banyak ditekankan kepada pertukaran mahasiswa dan dosen. Delegasi FEB UMP juga melakukan kunjungan ke UPM untuk melakukan kerjasama terkait Visiting Professor dan peluang studi lanjut doktoral.

Pada tanggal 06 Agustus, dilakukan kunjungan ke perguruan tinggi yang ada di Melaka, yaitu UTeM dan UITM. Kunjungan ke UTeM menitikberatkan kepada kerjasama double supervisor thesis dan undangan menjadi keynote speaker pada seminar internasional yang akan dilakukan FEB UMP pada tahub 2020. Delegasi FEB UMP juga melakukan kunjungan ke UITM, khusus pada kunjungan ke UITM ini, dalam waktu dekat akan dilakukan kerjasama terkait penulisan buku dengan tema entrepreneurship.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMP, Akhmad Darmawan, SE, M.Si,  menyatakan bahwa kunjungan yang dilakukan bukan hanya pada tingkat kesepakatan saja, tetapi mampu menghasilkan perjanjian kerjasama yang nyata. Hal ini dibuktikan dengan penandatanganan MoA dengan beberapa perguruan tinggi di Malaysia tersebut.

 

''Kami berharap dengan dilakukannya penandatangan MoA tersebut mampu dilakukan beberapa kolaborasi, terutama di bidang entrepreneurship.Dan agenda terdekat kami adalah pada akhir tahun 2019 ini, kami berencana menerbitkan buku dengan judul Transforming Student Entrepreneur Knowledge Indonesia-Malaysia, yang membahas tentang kewirausahaan mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia dan Malaysia, sebagai wujud nyata hasil kerjasama kami dengan UITM,"jelasnya. (FEB)

 

Milad Akuntansi 2016

Tema Kegiatan                 : “Togetherness, brings you to a better world

Waktu Pelaksanaan          : Jum’at – Minggu, 25 - 27 November 2016

Read more: Milad Akuntansi 2016

f t g m

 

 

 

Kontak Kami

Program Studi Akuntansi

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239

Email : feb@ump.ac.id

Web : http://akuntansid3.ump.ac.id